Pada hari/tanggal Kamis, 11 Oktober 2018 bertempat di Ruang Sidang Utama, Pengadilan Tinggi Agama Banten melaksanakan kegiatan Diskusi Hukum dan Bedah Berkas Perkara Pengadilan Agama se wilayah Pengadilan Tinggi Agama Banten.

            Ketua Panitia penyelenggara kegiatan Drs. H. Nur Khazim, M.H. dalam sambutan dan laporannya  menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan Diskusi Hukum dan Bedah Berkas ini dilatar belakang masih adanya temuan-temuan para Hakim Tinggi Pengawas PTA Banten  dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan dalam penanganan perkara ke seluruh Pengadilan Agama se wilayah PTA Banten serta hasil telaahan berkas  upaya hukum banding yang diajukan oleh pengadilan pengaju se wilayah PTA Banten, yang pada intinya bahwa beberapa Majelis Hakim Tingkat Pertama kurang cermat dan teliti dalam melakukan pemeriksaan perkara sehingga pada akhirnya menghasilkan putusan yang salah dan jauh dari nilai-nilai keadilan.

            Berangkat dari permasalahan tersebut kegiatan Diskusi Hukum dan Bedah Berkas ini dilaksanakan, dengan tujuan pertama,  merefresh kembali  terhadap Hukum Formil yang akhir-akhir ini kurang mendapat perhatian para Hakim se wilayah PTA Banten dalam penanganan perkara dan Kedua,  untuk menyamakan persespsi terhadap peraturan-peraturan baru terkait penanganan perkara yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung.

            Selanjutnya  Drs. H. Nur Khazim, M.H. menyampaikan bahwa Narasumber kegiatan Diskusi Hukum dan Bedah Berkas ini adalah Ketua dan Wakil Ketua PTA Banten,  Para Hakim Tinggi PTA Banten sebagai Moderator dan seluruh Pimpinan dan Hakim se wilayah PTA Banten sebagai peserta kegiatan.

            Ketua   Pengadilan Tinggi Agama Banten Drs. H. Ahmad, S.H.,M.H. dalam sambutannya menyampaikan agar para Majelis Hakim Tingkat Pertama lebih cermat dan teliti dalam melakukan pemeriksaan perkara, agar menghasilkan putusan pengadilan yang benar dan sesuai dengan asas keadilan.