Pada hari/tanggal Senin, 29 Oktober 2018 bertempat di Ruang Sidang Utama, Pengadilan Tinggi Agama Banten melaksanakan kegiatan Wisuda Purnabhakti Ketua Pengadilan Agama Banten Drs. H. Ahmad, S.H.,M.H. dan Pembinaan oleh Yang Mulia Ketua Kamar Peradilan Agama Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H.,M.M. kepada seluruh jajaran Pimpinan, Hakim Tinggi,   Hakim Tingkat Pertama, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama Se wilayah Pengadilan Tinggi Agama Banten.

            Acara tersebut dihadiri beberapa unsur pimipinan FKPD Prov. Banten, mantan Pimipinan/Hakim Agung,  beberapa Ketua Pengadilan Tinggi Agama serta  serta beberapa pensiunan Pimpinan PTA Banten antara lain sebagai berikut : Ketua Pengadilan Tinggi Banten, Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, Bapak Dr. H. Ahmad Kamil, S.H.,M.Hum (mantan Hakim Agung), Ketua PTA Jakarta, Ketua PTA Jawa Barat, Ketua PTA Jawa Tengah, Ketua PTA Jawa Timur, Ketua PTA Yogyakarta, Ketua PTA Bandar Lampung, Ketua PTA Gorontalo, Ketua PTA Bengkulu, Ketua PTA Banjarmasin, Ketua PTA Maluku Utara, Ketua PTA Padang, Ketua PTA Palembang serta beberapa pensiunan Pimpinan PTA Banten.

            Dalam sambutannya  Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI dalam hal ini dibacakan Yang Mulia Ketua Kamar Peradilan Agama Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H.,M.M. menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Drs. H. Ahmad, S.H.,M.H. atas jasa  dan pengabdian yang telah diberikan kepada peradilan agama khususnya selama menjadi Pimpinan pada PTA Banten beliau telah banyak membawa kemajuan bagi Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama Se wilayah Pengadilan Tinggi Agama Banten dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.       

            Selanjutya Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan bahwa jabatan Ketua Pengadilan Tingkat Banding adalah idaman bagi setiap Hakim Tinggi karena tidak semua Hakim Tinggi bisa meraih jabatan tersebut karena terbatasnya formasi, sehingga bagi Hakim Tinggi yang berhasil meraih jabatan sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding merupakan bentuk penghargaan yang tinggi dari Pimpinan dengan berdasar pertimbangan prestasi, kompetensi dan track record yang bersangkutan.  

            Terakhir Ketua Mahkamah Agung RI mengucapkan selamat kepada Drs. H. Ahmad, S.H.,M.H. yang telah memasuki masa purnabhakti sebagai Ketua/Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Banten dengan selamat, dan  Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan bahwa purnabhakti bukanlah akhir dalam melakukan perjuangan dan pengabdian, tetapi harus tetap dilanjutkan ditengah lingkungan masyarakat sekitar. 

           

            Selepas acara Wisuda Purnabhakti dilanjutkan dengan acara Pembinaan oleh Yang Mulia Ketua Kamar Peradilan Agama Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H.,M.M. kepada seluruh jajaran Pimpinan, Hakim Tinggi,   Hakim Tingkat Pertama, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama Se wilayah Pengadilan Tinggi Agama Banten dengan judul materi Pembinaan “Etika dan Moral Penegak Hukum di Indonesia”.

            Kata kunci dari materi pembinaan tersebut adalah Titik Temu antara Hukum dan Etika, dengan meminjam pepatah Kekaisaran Roma “Quid Leges Sine Moribus” yang artinya “Apalah artinya hukum kalau tidak disertai moralitas” karena jiwa hukum adalah moralitas sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan.