Selasa, 09 Juli 2019 bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Banten dilangsungkan Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis & Orientasi Tugas Panitera Pengganti Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Banten yang akan berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu pada hari Selasa sampai dengan Rabu tanggal 09 s/d 10 Juli 2019. Pada acara pembukaan yang dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten para Hakim Tinggi, Sekertaris, Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Tinggi Agama Banten serta peserta bimtek yang berjumlah 23 orang peserta, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten (Ketua PTA Banten) DR. H. MUHAMMAD SHALEH, S.H., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan hal-hal sbb:

  1. Jabatan yang  baik menurut Allah Insyaa Allah mejadi yang terbaik untuk kita dan akan menjadi barokah.
  2. PTA Banten sangat menyadari apa yang terjadi bahwa Panitra Pengganti yang baru saja dilantik, masih belum berpengalaman sehingga memerlukan bimbingan dan arahan serta pembekalan, berangkat dari kondisi itulah Pimpinan PTA Banten sangat merespon dengan adanya Kegiatan Bimtek dan Orientasi Tugas Panitera Pengganti.
  3. Jika masih ada Panitera Pengganti yang merangkap tugas-tugas keuangan di kesekretariatan, sepanjang pejabat baru penggantinya belum ada diperkenankan merangkap jabatan.
  4. Tugas utama Panitera Pengganti adalah membantu hakim dalam persidangan dengan membuat Berita Acara Sidang (BAS) dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan, pembekalan ini dilakukan dalam rangka memberikan ilmu dan pengalaman bagi Panitera Pengganti baru.
  5. Peran Panitera Pengganti sangat di butuhkan oleh pimpinan masing-masing satuan kerja, karenanya Panitera Pengganti diharapkan mampu berperan dan berkontribusi dengan baik.
  6. BAS di buat dan di tanda tangani oleh Panitera Pengganti dan Ketua Majelis dan dibuat sebelum sidang berikutnya dilaksanakan.
  7. Untuk menjadi pejabat dibutuhkan 3 syarat yakni :      
  1. Profesional;
  2. Skill yang memadai; dan
  3. Berintergritas

(kepaniteraan.net)

Gambar lainnya

Lihat

Lihat

Lihat