17/07/2019, bertempat di Ruang Rapat Panitera Pengadilan Tinggi Agama Banten setiap hari Rabu secara rutin diagendakan Rapat Koordinasi Kepaniteraan yang dihadiri oleh Panitera, Wakil Panitera, Panitera Muda, Panitera Pengganti dan para Pelaksana di Kepaniteraan. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Panitera PTA Banten H. A. Jakin Karim, S.H., M.H. Kegiatan ini dimanfaatkan sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan permasalahan-permasalahan yang ada di kepaniteraan baik di PTA Banten maupun Pengadilan Agama yang ada diwilayah Banten. Pada rapat kali ini yang menjadi pokok bahasan antara lain mengenai :

  1. TUSI dalam penerimaan dan Penyelesaian Perkara Banding
  2. Evaluasi Pelaksanaan Rapat Koordinasi Kepaniteraan PTA & PA sewilayah Banten
  3. Evaluasi Pelaksanaan Bimtek & Orientasi Tugas Panitera Pengganti Pengadilan Agama
  4. Informasi-informasi dan Pengumuman dari Badilag dan Mahkamah Agung

Sebelumnya telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Kepaniteraan PTA & PA sewilayah Banten di Pengadilan Agama Tigaraksa, hal ini mendapatkan respon yang baik dan apresiasi dari seluruh kepaniteraan wilayah PTA Banten dan diharapkan agar kedepannya dapat diprogramkan secara rutin karena selain sebagai sarana silaturahmi juga dapat di manfaatkan untuk saling mengetahui perkembangan di Pengadilan Agama saat. Selanjutnya, pada tanggal 9 s.d 10 Juli 2019 juga telah dilaksanakan kegiatan Bimtek & Orientasi Tugas Panitera Pengganti Pengadilan Agama yang dihadiri oleh Panitera Pengganti yang baru saja di angkat dengan SK Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. Panitera menyampaikan dari hasil Bimtek & Orientasi tersebut terdapat beberapa Panitera Pengganti yang sudah bagus dalam memahami materi dan Panitera Pengganti seperti ini patut untuk dibina.

Dikesempatan yang sama juga disampaikan bahwa Dirjen Badilag dalam intruksinya dengan Surat Nomor 3342/DJA/VII/2019 tanggal 10 Juli 2019, dalam waktu dekat ini akan melaunching 9 (sembilan) Inovasi Aplikasi Pelayanan Peradilan yang akan dilakukan uji coba dimana 3 (tiga) Pengadilan Agama wilayah Banten terpilih untuk melakukan uji coba yaitu Pengadilan Agama Tangerang, Pengadilan Agama Tigaraksa dan Pengadilan Agama Serang. (kepaniteraan.net)

Lihat foto lainnya.