PEMBINAAN MINGGUAN

Rapat pembinaan rutin oleh Pimpinan dengan seluruh jajaran PTA Banten yang dilaksanakan tiap hari Senin memasuki pekan kedua. Kegiatan rapat pembinaan tersebut merupakan kebijakan baru  Pimpinan PTA Banten di awal tahun 2020.  Kebijakan tersebut  meniadakan amanat Pembina pada kegiatan Apel Senin pagi, dan sebagai gantinya adalah Rapat pembinaan rutin oleh Pimpinan yang dilaksanakan setiap hari Senin setelah selesai pelaksanaan apel .

          Rapat pembinaan rutin pekan kedua dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2020 bertempat di Ruang Rapat Pimpinan PTA Banten. Ketua PTA Banten    Dr. H. Muhammad Shaleh, S.H.,M.Hum. dalam pembinaannya menyampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Sebagai bentuk keterbukaan informasi kepada publik agar setiap pelaksanaan kegiatan rapat pembinaan maupun rapat koordinasi dimuat pemberitaannya ke dalam website PTA Banten;  
  2. Agar seluruh aparatur PTA Banten selalu menjaga integritas, menghindarkan diri dari tindak Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) baik secara langsung maupun tidak langsung dan perbuatan tercela lainnya misalnya penyalahan gunaan narkotika dan psikotropika, nikah siri atau poligami tanpa izin. Sebab sudah ada ± 73 oknum pengadilan yang dijatuhi hukuman pemberhentian tidak dengan hormat karena melakukan pelanggaran disiplin PNS dan kode etik jabatan, khususnya yang terkait dengan  penyalahan gunaan narkotika dan psikotropika, nikah siri atau poligami tanpa izin;
  3. Sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada publik agar seluruh Wajib Lapor LHKPN pada PTA Banten dan Pengadilan Agama se wilayah Banten segera mengisi dan melaporkan LHKPN kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui aplikasi e-LHKPN selambat-lambatnya 31 Januari 2020.
  4. Program Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi  (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada PTA Banten yang telah dicanangkan pada tahun 2019 yang lalu agar segera ditindak lanjuti dengan program-program  yang kongkrit dan dimonitor serta dievaluasi jika ditemukan kendala dan kekurangan dalam implementasinya dan selanjutnya dilakukan penilaian oleh Tim Penilai Internal PTA Banten. Apabila hasil penilaian Tim Penilai Internal program pembangunan zona integritas dari area I s/d area VI telah terlaksana dengan baik dan dievaluasi segala kekurangannya maka kita segera mengusulkan ke Dirjen Badilag untuk didaftarkan sebagai peserta Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi  (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).    
  5. Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan Dirjen Badilag telah menginstruksikan untuk dilaksanakan lomba Dekorum dan Tata Ruang Sidang serta Kebersihan, Keindahan dan Kerapihan  lingkungan kantor sebagaimana ditegaskan dalam surat edaran Dirjen Badilag Nomor 072/DjA/OT.01.3/I/2020 tanggal 9 Januari 2020. Untuk menindak lanjuti kebijakan Dirjen Badilag tersebut agar segera dibentuk Tim Penilai PTA dan dijadwalkan pelaksanaannya.    
  6.  Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya kepada para pihak pencari keadilan agar program penyelesaian perkara dengan motto “one day publish dan one day minute” segera dapat direalisasikan dan menjadi program prioritas kita.

          Setelah materi pembinaan Ketua PTA Banten acara dilanjutkan dengan forum diskusi dan tanya jawab dari seluruh peserta rapat pembinaan yang hadir dengan Pimpinan PTA Banten.