PEMBINAAN PEKAN-1

Rapat pembinaan rutin pekan pertama Februari dilaksanakan pada hari Senin tanggal 3 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat Pimpinan PTA Banten.
Ketua PTA Banten Dr. H. Muhammad Shaleh, S.H.,M.Hum. dalam pembinaannya menyampaikan hal-hal sebagai berikut :
Pasca kebijakan untuk amanat apel dipindahkan menjadi pembinaan di ruang rapat, untuk amanat pembina apel dipersilahkan kepada pembina apel untuk disampaikan terlebih dahulu sebelum pembinaan Ketua, sehingga tidak mengurangi hak dan kewajiban pembina apel dilapangan.

Setiap rapat pembinaan harus terdokumentasi baik notulen maupun foto dan berita website harus di update
Menyikapi Perpres 8 tahun 2020 KPTA Banten menyatakan bahwa rizki untuk setiap orang sudah Allah SWT tetapkan dan tidak akan pernah tertukar, untuk itu kita harus banyak bersyukur dengan apa yang kita terima saat ini serta jangan sampai besar pasak dari pada tiang dengan bersikap konsumtif/boros, sehingga menyebabkan lupa pada yang Halal dan Haram. begitupun dengan Hakim yang mungkin tahun ini mendapatkan bantuan rumah dinas dan uang transport.
Berdasarkan pembinaan yang diberikan oleh Dirjen Badilag juga di tegaskan bahwa satker yang APM nya berpredikat Excellent (A) hanya tinggal 1 langkah lagi menuju WBK sehingga diwajibkan untuk daftar dalam pembangunan ZI menuju WBK
Untuk PTA Banten sendiri karena nilai APM-nya juga Excellent (A) harus segera melaksanakan penilaian mandiri dan mengajukan permohonan untuk dinilai oleh Bawas dan MENPAN RB
terkait pelaksanaan ZI di PTA Banten dan Pengadilan Agama Sewilayah PTA Banten, Ketua menyatakan hal-hal sebagai berikut:
Dibutuhkan kekompakan dalam mewujudkan pencanangan ZI menuju WBK baik dari dokumen per area dan juga pelaksanaannya.
Dalam rangka mewujudkan ZI tersebut PTA Banten telah mengeluarkan 4 (empat) upaya pencegahan korupsi yaitu :

  1. Membuat stiker tidak menerima tamu berperkara di rumah, stiker ini ditempel dirumah sejumlah Hakim Tinggi dan Pejabat PTA Banten sesuai dengan SEMA 3 Tahun 2010
  2. 5 Larangan keras KPTA Banten yang wajib dibuat banner dan dipasang di ruang layanan
  3. Pembinaan setiap hari Senin di PTA Banten
  4. Pemasangan nomor Pengaduan yang disampaikan melalui No. Handphone Wakil Ketua dan Bawas yang di simpan di lobby kantor baik di PTA maupun PA sewilayah Banten.
  5. Beberapa inovasi unggulan dan modern yang dibuat untuk mendukung ZI adalah aplikasi SIJAWARA dan videotron untuk mempermudah pengawasan secara langsung.
  6. Role Model harus benar-benar menjadi panutan dan contoh dilingkungan kantor.
  7. Semua penghargaan yang telah kita terima sebaiknya di kumpulkan dan dipajang.
  8. Untuk responden survey kepuasan masyarakat pada PTA Banten adalah semua Pengadilan Agama Sewilayah Banten.
  9. Saat ini e-Court yang sudah berjalan dapat/bisa dilengkapi dengan adanya e-Litigasi serta e-litigasi bersifat optional/pilihan bukan wajib.
  10. mempertegas kembali pelaksanaan Finger Scan untuk sebelum dan sesudah istirahat siang.